Kamis, 24 Januari 2019

Satelit Nusantara Satu Sukses Meluncur


Satelit Nusantara Satu besutan Pasifik Satelit Nusantara (PSN) sukses meluncur. Satelit berteknologi High Throughput Satellite (HTS) diluncurkan pada Kamis pukul 20.45 waktu Florida di Cape Canaveral, Amerika Serikat (AS).

"Satelit milik PSN yakni Nusantara Satu, berhasil diluncurkan dari Cape Canaveral AS. Semua sesuai dengan yang direncanakan," ujar Heru Dwikartono, Direktur Jaringan PSN saat acara konferensi pers di Jakarta.

Dilanjutkannya, posisi saat ini Satelit Nusantara Satu dalam proses masuk ke slot orbit yang berada di atas Papua. Kata Heru, butuh waktu sekitar 2 minggu untuk masuk sesuai orbit.

"Kami prediksikan masuk ke slot orbit 2 minggu," terangnya.

Setelah masuk ke orbit, satelit tersebut tidak langsung difungsikan sebagaimana mestinya. Rangkaian tes menjadi syarat sebelum satelit tersebut benar-benar dapat difungsikan.

"Setelah itu, akan siap dimanfaatkan sebagai penyedia kebutuhan masyarakat," kata dia.

Satelit Nusantara Satu memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band, serta 8 spot beam Ku-band dengan total kapasitas bandwidth mencapai 13.6 Gbps. Coverage (area cakupan) satelit ini mencapai seluruh wilayah Indonesia.

Satelit ini akan ditempatkan di slot orbit 146 Bujur Timur (BT), yang akan bergerak bersamaan dengan rotasi bumi. Posisinya tepat berada di atas Papua. Seperti halnya penggunaan oleh BAKTI, Nusantara Satu yang menggunakan teknologi HTS dan Electric Propulsion ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan layanan akses internet di seluruh wilayah Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar