Selasa, 12 Februari 2019

Begini Cara Menentukan Apakah Harus Libur atau Tetap Kerja Ketika Sakit


Sejak pagi tadi kepala Dwi sudah terasa pusing. Tak hanya itu, tubuhnya meriang serta batuk dan ingus tak henti-hentinya mengalir mengganggu konsentrasinya dalam bekerja.

Bukan untuk pertama kalinya Dwi memaksa untuk tetap bekerja ke kantor ketika flu menyerang untuk saat ini. Sudah berulang kali dia melakukannya terutama ketika pekerjaan tengah menggunung. Sebenarnya aman kah tetap bekerja ke kantor walau flu mendera seperti yang dialami oleh Dwi ini?

"Saya telah menemui banyak pasien yang karena pekerjaan dan stres yang dimiliki sehingga mereka bingung menentukan apakah harus tetap di rumah atau ke kantor ketika sakit," jelas dr. Robin Wigmore, dari Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston dilansir dari Health24.

"Namun infeksi yang menyebar seperti demam dan flu dapat menular. Jadi penting untuk mempertimbangkan rekan kerjamu juga," sambungnya.

Hal pertama yang disebut Dr. Wigmore harus dipertimbangkan adalah sudah berapa lama kamu merasa sakit. Disebut bahwa penyakit ini paling menular pada 48 jam pertama persebarannya. Bahkan sering kali pada masa ini kamu masih belum merasakan sakit ini.

Artinya, kamu sebaiknya tetap tidur di rumah ketika gejala sakit ini pertama kali muncul. Hal ini bisa menghindari penyebaran penyakit, memberi kamu waktu beristirahat, tetap terhidrasi, dan menjaga kesehatan dirimu.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pada gejala yang kamu alami. Pasalnya, batuk dan bersin yang kamu lakukan dapat menyebar ke teman-teman kantormu baik secara langsung maupun tak langsung.

"Sebagai aturan umum, jika kamu memiliki gejala batuk berdahak, ingus mengalir tak henti, demam atau rasa sakit, sebaiknya kamu tetap di rumah saja," saran Wigmore.

Jika ingusmu mengalir namun kamu tak merasa demam atau badan sakit, bisa jadi kamu hanya mengalami alergi. Batuk kering dan terasa menggelitik tenggorokan juga bisa jadi tanda alergi atau iritasi yang kamu alami. Jika kamu mengalami hal ini maka kamu sebaiknya tetap bekerja.

"Namun jika ingus yang mengalir cukup kental dan berwarna kuning atau hijau, maka ini merupakan indikasi bahwa tubuhmu tengah melawan penyakit. Dalam kondisi ini, sebaiknya kamu tetap di rumah," ungkap Wigmore.

Hal lain yang harus jadi perhatian adalah jika tenggorokan terasa sakit, muncul pusing, terdapat bintik putih di amandel, serta suhu tubuh di atas 38 derajat. Jika hal ini kamu alami, sebaiknya kamu tetap di rumah untuk beristirahat. 

0 komentar:

Posting Komentar