Senin, 13 Mei 2019

Apa Saja Sih Zat yang Dibutuhkan untuk Ibu Hamil?


Sudah bukan rahasia lagi kalau ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan orang lainnya. Kebutuhan ibu untuk mempersiapkan kandungan yang aman dan kuat ditambah kebutuhan janin untuk berkembang menjadikan kadar zat gizi yang dibutuhkan semakin bertambah. Karena itu kini banyak suplemen ibu hamil ataupun susu ibu hamil yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan. Selain mulai mengkonsumsi setelah masa kehamilan, calon ibu bahkan bisa mulai mengkonsumsi suplemen ataupun susu dari mulai menikah.

Apa saja sebetulnya zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan apa gunanya untuk tubuh ibu serta janin? Berikut ini adalah rincian zat gizi yang sebaiknya dikonsumsi secara cukup bagi ibu mengandung:

  1. Zat besi, zat besi sangat penting untuk proses pembentukan sel darah. Sel darah ini digunakan baik untuk membuat rahim menjadi tebal dan nyaman untuk tempat janin serta untuk janin dalam metabolisme jaringan. Berkurangnya zat besi dari makanan ibu akan mengakibatkan janin mengambil zat besi dari ibu yang berakibat anemia.
  2. Asam folat merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat kandungan atau rahim menjadi kuat dan janin bisa tumbuh dengan baik di dalam kandungan. Kurangnya asam folat bisa berakibat bayi lahir cacat ataupun keguguran. Pentingnya Asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil menjadikannya sebagai kandungan utama suplemen dan susu hamil.
  3. Dha juga sebaiknya ada dalam kandungan suplemen atau susu yang dikonsumsi ibu. DHA dan kecerdasan memiliki hubungan yang erat karena DHA penting untuk memaksimalkan perkembangan otak janin.
  4. Vitamin dan mineral juga harus terkandung dalam suplemen ibu hamil dalam jumlah yang cukup untuk katalisator berbagai metabolisme tubuh.

Anda tak perlu khawatir menghafalkan banyak nama zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tersebut karena sekarang ini suplemen ibu hamil dan ibu mau hamil sudah mencakup komposisi yang lengkap dengan kadar yang cukup. Anda bisa memilih apakah menggunakan suplemen ataukah susu sesuai dengan selera.

0 komentar:

Posting Komentar